Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Rabies Drive Thru Gratis untuk Hewan Peliharaan

Kompas.tv - 29 September 2021, 20:17 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Dalam peringatan hari rabies sedunia, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan vaksinasi rabies drive thru gratis.

Sistem drive thru ini diterapkan untuk mencegah potensi kerumunan masyarakat saat pemberian vaksinasi pada hewan peliharaan.

Vaksinasi gratis ini, merupakan rangkaian puncak berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu bulan, dalam rangka mengampayekan kesadaran masyarakat, untuk mencegah potensi penyakit rabies pada hewan, terutama anjing, kucing, maupun jenis primata seperti monyet.

Berdasarkan data, pada tahun 2021 di Kalbar, tercatat 991 warga terkena gigitan hewan penular rabies, dan empat korban meninggal dunia.

Warga terlihat antusias, membawa hewan peliharaan mereka mengikuti vaksinasi rabies gratis ini. Dengan adanya vaksin ini, warga mengaku lebih tenang memelihara hewan di rumah.

Masyarakat diimbau wajib memberi suntikan vaksin rabies untuk hewan peliharaan setiap tahun, dengan mendatangi pusat kesehatan hewan di wilayahnya masing-masing. Vaksin dari pemerintah itu juga, diberikan secara gratis bagi masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x