Kompas TV regional berita daerah

Cegah Penyakit Rabies dengan Vaksinasi Gratis

Kompas.tv - 29 September 2021, 15:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk memperingati hari rabies sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September, Karantina Pertanian Semarang melayani vaksinasi rabies gratis.

Vaksinasi rabies gratis untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing ini digelar untuk membantu pemerintah dalam pencegahan rabies dan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang ancaman penyakit rabies pada hewan peliharaan. Sebelum disuntik vaksin, hewan peliharaan ini dicek kesehatanya terlebih dahulu. Vaksinasi rabies gratis berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 28 hingga 29 September 2021 ini dimanfaatkan oleh warga yang memiliki hewan peliharaan.

"Kita mengadakan ini untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang penyakit rabies," kata Pratiwi Asmara, Sub Koordinator Karantina Hewan, Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang.

Peter, salah seorang pemilik hewan peliharaan, mengaku terbantu dengan adanya vaksinasi rabies gratis, karena kesehatan hewan peliharaannya bisa terjaga dan terbebas dari penyakit rabies.

"Kita cukup terbantu juga, lebih aman juga hewan peliharaanya, menghidari dari rabies," ujar Peter.

Rabies termasuk penyakit zoonosis yakni penyakit hewan yang bisa menular ke manusia. Sehingga cara terbaik untuk menghindari rabies pada hewan dan manusia adalah dengan melakukan vaksinasi rabies.

#vaksinasirabies #kotasemarang #harirabiessedunia

 



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x