Kompas TV regional berita daerah

World Rabies Day, Animal Lovers Vaksinasi Hewan Peliharaan

Kompas.tv - 29 September 2021, 12:46 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Memberikan vaksinasi rabies kepada hewan peliharaan yang disayangi memang seolah menjadi keharusan bagi pecinta satwa.

Terlebih jika hewan yang dipelihara merupakan satu dari sejumlah hewan yang memang berpotensi tertular penyakit rabies.

Baca Juga: Percepatan Vaksinasi Covid-19, BIN Kalsel Sasar Target Vaksin Pelajar Madrasah Aliyah

Seperti diakui Dela, seorang pecinta kucing di Banjarmasin, mendapatkan informasi vaksinasi massal dan pelayanan kesehatan hewan gratis yang digelar oleh Balai Karantina Pertanian kelas I Banjarmasin Kamis pagi (23/9/2021), Iapun tak ingin melewatkannya.

Baginya menjaga kesehatan hewan peliharaan juga penting sama seperti manusia.

"Saya biasanya ke dokter (hewan) tapi mumpung ada vaksinasi gratis kan, jadi ya sudah," ucapnya.

Vaksinasi rabies sendiri dilakukan dalam rangka memeriahkan hari rabies sedunia atau World Rabies Day setiap tanggal 28 September.

Dokter Hewan, Isrokal menyebut vaksinasi ini juga sebagai antisipasi penularan penyakit khususnya pada binatang peliharaan yang terkena penyakit zoonosis atau penyakit infeksi menular yang berasal dari gigitan Anjing, Kucing dan Kera.

"Jadi rabies ini termasuk penyakit yang zoonosist yang dapat menular dari hewan ke manusia, dengan diberi vaksin rabies diharapkan timbul imunitas sehingga tidak akan menularkan penyakit rabies ke sesama hewan maupun ke manusia," terangnya.

Baca Juga: Video Viral Lolos Penjagaan Pakai Kode 'Aku Ading Basit' Masuk Jembatan Alalak Banjarmasin

Sementara itu, Plh Kepala Balai Karantina Kelas 1 A Banjarmasin, Sunarto, menjelaskan sebelumnya juga telah melakukan pengawasan lalu lintas hewan di 4 wilayah kerja yakni di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Bandar Udara Syamsuddin di Batulicin dan Kotabaru.

"Ini mengingatkan kepada kita memang kita harus mengendalikan rabies ini supaya tidak menyebar ke mana-mana," ungkapnya.

Sedangkan gejala umum hewan yang terkena rabies akan menunjukan sifat yang agresif apabila terkena cahaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x