Kompas TV regional berita daerah

Alat Musik Penting Asal Karangasem

Kompas.tv - 13 September 2021, 14:53 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Alat musik penting merupakan salah satu alat musik tradisional khas kabupaten karangasem bali.

Alat musik yang terbuat dari kayu dan senar ini menghasilkan nada yang merdu. Alat musik penting dijual hingga ke manca negara, namun kini alat musik yang sudah ada sejak puluhan tahun ini sudah mulai langka.

Alat musik berbahan kayu dan senar ini merupakan alat musik khas kabupaten karangasem bali, alat musik yang dimainkan dengan cara digesek dan dipetik ini bisa menghasilkan suara yang khaas.

Biasanya alat musik penting ini dimainkan saat ada upacara adat di kabupaten karangasem bali, sebagai perpaduan angklung dan gong. Namun tidak mudah untuk membuat alat ini hingga bisa dimainkan.

Di lingkungan taman satu kelurahan karangasem kabupaten karangasem bali, terdapat seorang perajin alat musik penting yakni ida wayan panji, 60 tahun yang sudah menekuni sejak tahun 1960 silam merupakan warisan orang tua.

Ada beberapa tahapan dalam pembuatan alat musik tersebut dimulai dari mencari bahan seperti kayu, besi dan senar. Selanjutnya semua bahan tersebut dibentuk sesuai ukuran yang diinginkan serta pemasangan tali atau senar serta notasi berbahan besi.

Untuk membuat alat musik penting yang sempurna diperlukan waktu hingga empat hari.

Tahapan pembuatan alat musik ini yang paling sulit adalah pada saat menentukan ukuran tombol nada. Dimana harus posisinya tombol lurus dan tidak boleh bengkok, karena bisa mempengaruhi suara musik penting.

Perajin musik penting mengaku awal pembuatannya mengumpulkan bahan setelah itu dilanjutkan perakitan. Penjualan di wilayah bali dan lombok, bahkan sampai manca negara seperti ke jepang.

Harga alat musik penting di jual mulai dari satu juta  lima ratus rupiah sampai dua juta rupiah tergantung ukuran. Namun kini alat musik penting sudah mulai langka.

Berkurangnya perajin juga minat untuk memainkan alat musik penting menjadi penyebab. Perajin berharap agar pemerintah karangasem bisa kembali melestarikan alat musik penting.

 

 

 

#AlatMusik #BupatiKarangasem #AlatTradisional




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x