Kompas TV regional berita daerah

Kreasi Pemuda Sukabumi, Mengolah Bambu Menjadi Gelas dan Teko Bernilai Ekonomi

Kompas.tv - 8 September 2021, 13:35 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Seorang pemuda di Sukabumi, Jawa Barat, membuat kerajinan tangan dengan memanfaatkan pohon bambu di sekitar rumahnya menjadi gelas yang memiliki nilai seni dan estetika. Berbagai model dan bentuk ia hasilkan, sehingga memiliki nilai ekonomi.

Doni Sutiandi, warga Kampung Pasir Talaga, Desa Cicadas, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mampu berkreasi dari potongan bambu yang dijadikan gelas. Potongan bambu mampu dibentuk oleh Doni menjadi cantik dan unik.

Baca Juga: Kreatifitas saat Pandemi, Manfaatkan Waktu Luang dengan Melukis di atas Daun Jati

Kreatifitas membuat gelas beserta teko bambu mulai ditekuninya sejak tahun 2018. Berawal dari pengalaman kesulitan mencari gelas untuk menyeduh kopi, Doni mulai memanfaatkan bambu di sekitar tempat tinggalnya sebagai gelas.

Kini ia banyak menerima pesanan. Mulai dari Sukabumi hingga ke seluruh wilayah di Jawa Barat dan luar Pulau Jawa. Bahkan pesanan juga datang dari luar negeri, seperti Jerman dan Singapura.

Gelas bambu ia jual dengan harga mulai dari Rp 20.000 untuk cangkir kopi, hingga Rp 50.000 untuk gelas dengan ukuran yang lebih besar. Doni juga menjual set lengkap teko beserta gelas dengan rentang harga Rp 200.000 hingga Rp 350.000.

Video editor: Laurensius Krisna Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x