Kompas TV regional berita daerah

KONI DIY Kirim 61 Orang untuk Bertugas di PON Papua

Kompas.tv - 6 September 2021, 22:44 WIB
koni-diy-kirim-61-orang-untuk-bertugas-di-pon-papua
Logo PON XX Papua (Sumber: kemlu.go.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengirim 61 orang yang akan bertugas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Puluhan orang tersebut terdiri dari wasit, juri, dan perangkat pertandingan di berbagai cabang olahraga.

Sekretaris Umum KONI DIY Agung Nugroho berharap seluruh pihak yang ditugaskan di PON Papua dapat membawa nama baik DIY.

“Kami berharap seluruh wasit, juri dan perangkat pertandingan bertugas dengan baik karena mereka juga membawa nama baik DIY,” kata Agung Nugroho seperti dilansir Antara, Senin (6/9/2021).

Lebih lanjut menurut Agung, seluruh petugas baik wasit, juri, dan perangkat pertandingan perlu memiliki mental sekuat baja saat memimpin pertandingan.

Hal ini dinilai penting lantaran dalam pertandingan ada saja kejadian yang mengarah pada intimidasi.

“Misalnya, ada teriakan-teriakan ke wasit atau juri saat bertugas. Hal seperti itu biasa terjadi. Jadi, tidak perlu merasa khawatir,” lanjutnya.

Baca Juga: GOR Belum Rampung Jelang PON, Cabor Silat Akan Dipindahkan

Agung juga menyebut sebanyak 61 orang yang akan bertugas di PON Papua tidak semuanya langsung mendapat Surat Keputusan (SK) dari KONI DIY.

Hal itu disebabkan jumlah tersebut merupakan data baru karena sebelumnya hanya ada 40 orang yang akan bertugas ke Papua.

Kendati demikian, puluhan wakil DIY yang akan bertugas telah siap menjadi wasit, juri, dan perangkat pertandingan di berbagai cabang olahraga.

Adapun cabang olahraga tersebut yaitu bisbol, tinju, karate, bola voli pasir, rugbi, judo, taekwondo, bola basket, sepak takraw, binaraga, kempo, renang indah, futsal, panjat tebing, wushu, dan aeromodeling.

Perlu diketahui, PON XX Papua akan digelar pada 2-15 Oktober dengan mempertandingkan 44 cabang olahraga.

Baca Juga: PON Papua Tinggal Hitungan Hari, Anggaran dari APBN Belum juga Cair

Seluruhnya akan dilangsungkan di empat lokasi pertandingan, yaitu Kota Jayapura 15 cabang olahraga, Kabupaten Jayapura 14 cabang olahraga, Mimika sembilan cabang olahraga, dan Merauke enam cabang olahraga. 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x