Kompas TV regional berita daerah

Warga Manfaatkan Air Terjun Sebagai Air Bersih

Kompas.tv - 6 September 2021, 16:02 WIB
Penulis : KompasTV Manado

BOLSEL, KOMPAS.TV- Warga Desa Dumagin B Kecamatan Pinolosian Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, memanfaatkan air terjun Koloman, untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Air terjun yang jatuh dimanfaatkan sebagai tujuan wisata, sedangkan dipuncak air terjun di tampung dalam bak ukuran enam kali delapan meter  dan tinggi tiga koma lima meter yang dapat menampung air sebanyak 1000 kubik air.

Air yang ditampung kemudian dialiri ke pipa induk dan langsung didistribusikan ke  165 kepala keluarga di Desa Dumagin B untuk dimanfaatkan sebagai  kebutuhan hidup sehari-hari, dengan cukup membayar 5000 Rupiah perbulan sebagai biaya pemeliharaan dan perawatan.

Tersedianya air bersih ini juga menjadi sumber pendapatan Desa yang di kelola langsung oleh Badan Usaha Desa atau Bumdes.

Dengan adanya air bersih ini, sangat membantu warga Desa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan  minum serta kebutuhan lainnya, tanpa berharap lagi di air sumur yang terkadang keruh bila musim hujan tiba.

Selain gotong royong masyarakat setempat, tersedianya air bersih di Desa Dumagin B ini tak lepas dari bantuan  dari Perusahaan Tambang Emas yang ada di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

#kompastvmanado #airterjun #bumdes

Rahman Rahim Kompas tv Kotamobagu

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x