Kompas TV regional peristiwa

Tenda Pencari Suaka Afghanistan di Kebon Sirih Dibongkar Petugas

Kompas.tv - 6 September 2021, 17:01 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Petugas gabungan dari Satpol PP dan kepolisian melakukan upaya persuasif dengan menghimbau para pencari suaka yang bertahan di emperan trotoar samping gedung UNHCR di jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Upaya persuasif dengan himbauan berjalan buntu, petugas pun akhirnya membongkar paksa belasan tenda darurat milik para pencari suaka yang berdiri di atas saluran air tersebut.

Satu per satu tenda dan terpal yang biasa digunakan untuk tempat tinggal sementara ini diangkut menuju truk milik Satpol PP.

Baca Juga: Detik-Detik Ricuh Demo Pengungsi Afghanistan di UNHCR Jakarta

Salah seorang pencari suaka asal Afghanistan yang sudah 10 tahun berada di Indonesia mengaku tidak memiliki tempat tinggal dan pekerjaan hingga terpaksa tinggal di tenda, dirinya berencana akan bertahan hingga UNHCR menuruti tuntutannya.

Petugas terpaksa melakukan pembongkaran lantaran tenda-tenda yang berdiri di atas saluran air tersebut mengganggu ketertiban umum.

Meski sudah tidak memiliki tenda, namun sebagian dari pencari suaka memilih untuk tetap bertahap di samping gedung UNHCR ini.

Mereka berharap perwakilan PBB di Indonesia yakni UNHCR segera mencarikan negara ketiga agar pencari suaka mendapatkan kehidupan normal.

Video Editor: Jihan Zahirah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x