Kompas TV regional berita daerah

Kembangkan Desa Wisata saat Pandemi, Desa Ranupani Lumajang Jadi yang Terbaik

Kompas.tv - 2 September 2021, 19:40 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Desa Ranupani di Kabupaten Lumajang Jawa Timur dipilih sebagai salah satu desa wisata terbaik se Indonesia oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Desa wisata berbasis masyarakat itu merupakan upaya pemerintah untuk mengembangkan wisata di masa pandemi Covid-19.

Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang Jawa Timur untuk mempercantik Desa Ranupani Kecamatan Senduro.

Salah satunya dengan memperbaiki amphitheater, infrastruktur dan fasilitas penunjang di Ranu Regulo. Amphitheater adalah sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni.

Baca Juga: Lukisan Awan Cantik Di Puncak Gunung Semeru

Pemerintah setempat menargetkan perbaikan bangunan amphiteater selesai bulan September tahun ini. Untuk beberapa bangunan yang kurang layak akan dibangun ulang, termasuk menambah beberapa fasilitas agar bisa menampung lebih banyak pengunjung, ketika diselenggarakan event nasional maupun internasional.

Selain membenahi infrastruktur, pemerintah juga membangun sumberdaya manusia untuk menopang proses digitalisasi. Desa Ranupani kini sudah memiliki smart village atau sarana komunikasi informasi.

Baca Juga: Ekspedisi Lava Tour Semeru Dongkrak Pariwisata Lumajang

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menegaskan bahwa perbaikan itu sebagai upaya pemerintah agar desa wisata Ranupani masuk 10 besar desa wisata terbaik di Indonesia dan akhirnya terpilih menjadi yang terbaik.

Dengan capaian itu tentunya dapat mendorong pertumbuhan UMKM di sekitar lokasi wisata. Karena desa wisata yang menjadi unggulan wisata nasional mengedepankan peran serta masyarakatnya agar bisa melestarikan kebudayaan pedesaan.

 

#PemkabLumajang #DesaRanupani #DesaWisata #Kemenparekraf



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x