Kompas TV regional peristiwa

2 Tahun Diburu, Pimpinan KKB Senat Soll Ditangkap Bersama 5 Anggotanya

Kompas.tv - 2 September 2021, 17:04 WIB
Penulis : Reny Mardika

PAPUA, KOMPAS.TV - Salah satu pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Yahukimo, Ananias Yalak alias Senat Soll, ditangkap tim gabungan TNI-Polri pada Kamis (2/9/2021) pagi.

Ananias Yalak merupakan aktor utama pembunuhan staff KPU Yahukimo, dan dua personel TNI angkatan darat di Yahukimo.

Kurang lebih dua tahun masuk daftar pencarian polisi Polres Yahukimo, Yahukimo Ananias Yalak alias Senat Soll ditangkap oleh Satgas Nemangkawi bersama Polres Yahukimo di Jalan Samaru, Distrik Dekai.

Saat penangkapan, Senat Soll berupaya melakukan perlawanan sehingga ditembak. Bersama Soll, ada lima anggota kelompok bersenjata yang ikut ditangkap.

Senat Soll merupakan mantan anggota Tni yang menjadi pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata yang sering melakukan penembakan dan pembunuhan terhadap warga sipil dan aparat TNI-Polri di Yahukimo.

Diantaranya terlibat aksi pembunuhan staf KPU Yahukimo, Henry Jovinsky di Jembatan Brasa Dekai Yahukimo tanggal 11 Agustus 2020.

Selain itu, dia terlibat aksi penembakan terhadap dua anggota TNI di Ujung Bandara Dekai tanggal 18 Mei 2021 yang mengakibatkan dua personel TNI tersebut meninggal dunia dan merampas dua pucuk senjata api jenis SS2V4.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x