Kompas TV regional peristiwa

Hiu Paus Mati di Raja Ampat, Dievakusi ke Daratan dan Dibiarkan Membusuk Alami

Kompas.tv - 27 Agustus 2021, 05:00 WIB
hiu-paus-mati-di-raja-ampat-dievakusi-ke-daratan-dan-dibiarkan-membusuk-alami
Hiu Paus  mati di perairan Raja Ampat, Papua Barat (Sumber:ANTARA -)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Seekor hius paus ditemukan terapung dalam keadaan mati di perairan Raja Ampat, Papua Barat. Warga pun segera melaporkan peristiwa itu kepada Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Daerah (BLUD UPTD) Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, untuk  melakukan evakuasi, Rabu (25/8/2021).

Namun, setiba tim dari BLUD di lokasi,  bangkai Hiu Paus di depan Pulau Gam itu  sudah tidak ada di tempat karena hanyut terbawa arus.

Kemudian Tim Jaga Laut BLUD UPTD KKP Raja Ampat yang dibantu oleh Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (Loka PSPL) Sorong langsung melakukan pencarian hingga ditemukan sore hari di Kampung Arborek.
 

Baca Juga: Komunitas Penyelam Upacara Di Bawah Laut Objek Wisata Hiu Paus

"Hari ini tim telah melakukan evakuasi bangkai paus tersebut ke daratan untuk dimusnahkan,"Kepala BLUD UPTD Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan Kepulauan Raja Ampat, Safri di Waisai, Kamis (26/8/2021).

Dia menjelaskan bahwa ada tiga cara pemusnahan yang didiskusikan oleh BLUD UPTD KKP Raja Ampat dan Loka PSPL Sorong, yakni  pertama pemusnahan dengan cara dikubur, dibakar, dan dibiarkan membusuk secara alami pada satu tempat.

Menurutnya, cara pertama dan kedua itu sangat susah. Cara pertama dikubur tim harus mencari alat berat diangkut ke pulau agar bisa menggali lobang untuk ditimbun karena Hiu Paus tersebut sangat besar.

Sedangkan cara kedua yakni membakar, tim harus menyediakan kayu bakar begitu banyak dan juga bahan bakar minyak. Serta dikhawatirkan cara membakar dapat menyebabkan pencemaran lingkungan sekitar di pulau.

Baca Juga: Aksi Bersih Sampah Di Laut Lokasi Wisata Hiu Paus Botubarani

Karena itu, tambah dia, tim memilih pemusnahan dengan cara ketiga yakni bangkai Hiu Paus tersebut diseret ke daratan ditaruh pada suatu tempat dan dibiarkan dagingnya membusuk secara alami. Kemudian tulang Hiu Paus tersebut akan digunakan untuk kepentingan budaya.
 



Sumber : Kompas TV/ANTARA


BERITA LAINNYA



Close Ads x