Kompas TV regional berita daerah

Buntut Pentas Musik, Warga Kebonagung Dites PCR dan Urin

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 14:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Jajaran Kepolisian dan Dokkes Polres Kendal bersama Dinas Kesehatan Kendal, melakukan tes swab PCR dan tes urin kepada puluhan warga Kebonagung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tes ini digelar guna melengkapi penyelidikan dugaan pelanggaran protokol kesehatan, saat kegiatan musik yang dibubarkan oleh Satgas Covid-19.

Meski sudah dilakukan swab antigen kepada warga Desa Kebonagung, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal, namun polisi kembali melaksanakan tes swab PCR kepada warga yang hadir dalam pentas musik agustusan. Swab PCR dilaksanakan di Balai Desa Kebonagung, dengan pengawalan ketat TNI dan Polri.

Tes swab PCR ini dilakukan untuk melengkapi penyidikan dugaan pelanggaran protokol kesehatan, dalam pentas musik agustusan yang menggundang kerumunan. Ada 50 warga termasuk Kepala Desa Kebonagung, ikut menjalani tes swab PCR. Tidak hanya swab PCR saja, polisi yang mengandeng Dinas Kesehatan Kendal juga melakukan tes urin kepada 50 warga Kebonagung.

Kasat Narkoba Polres Kendal AKP Agus Riyanto mengatakan, sesuai perintah Kapolres Kendal, petugas melakukan tes swab PCR dengan sasaran warga yang hadir dalam pentas musik agustusan. Selain melakukan tes swab PCR juga dilakukan tes urin, untuk mengetahui apakah ada yang terindikasi penyalahgunaan narkoba, saat pentas musik tersebut.

"Rencana, dilaksanakan swab PCR dan tes urin sekitar 50 warga untuk melengkapi hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Satreskrim Porles Kendal," AKP Agus Riyanto.

Sementara itu, Kades Kebonagung Widodo mengatakan, sebelumnya sudah ada 10 warga yang dites antigen, bahkan ia sudah melakukan tes antigen mandiri di klinik terdekat. Untuk yang di tes di puskesmas dan klinik terdekat hasilnya negatif.

"Ada sekeluarga, kemudian yang dipanggil untuk melakukan swab di Polsek Pegandon, alhamdulillah hasil semua negatif, total ada 10 orang," tutur Widodo.

Sebelumnya, video pentas musik dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di Desa Kebonagung, Ngampel, Kendal. Kades Ngampel melawan petugas Polsek Pegandon, yang ingin membubarkan pentas musik karena melanggar protokol kesehatan dan menimbulkan kerumunan warga.

#kendal #tespcr #polreskendal



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x