Kompas TV regional berita daerah

Aquascape Produksi Warga Binaan Hasilkan Pundi-Pundi Rupiah

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 12:38 WIB
Penulis : KompasTV Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.TV - Akuarium saat ini tak sekedar media untuk memelihara ragam jenis ikan. Aktivitas menata ekosistem di dalam akuarium atau yang lebih dikenal dengan aquascape, kini banyak diminati.

Menangkap peluang dari hobi yang kini sedang naik daun, warga binaan di Lapas Kelas II A Bengkulu, berkreasi memproduksi aquascape.

Pihak Lapas mengungkapkan, dipilihnya aquascape sebagai usaha bimbingan baru, tak lepas dari keinginan warga binaan untuk terus berkreasi dan menjalani kegiatan yang positif.

Selain itu, ada juga pegawai yang memiliki keterampilan tersebut, sehingga potensi itu dimaksimalkan.

Tak kalah dengan perajin lainnya, hasil karya warga binaan dalam mendekorasi taman air ini banyak diminati, hingga menghasilan pundi-pundi rupiah.

Setidaknya sudah ada lima pesanan aquascape yang kini dikerjakan 3 orang warga binaan, dengan harga yang bervariasi, mulai dari 500 ribu rupiah, hingga 2 juta rupiah.

Pembuatan aquascape tak bisa dibilang mudah. Selain ketelitian, perajin juga harus memiliki konsep dan tingkat kesabaran yang tinggi dalam proses penggabungan pasir, batu, kayu, tanaman, hingga ikan.

Biasanya untuk menyelesaikan satu buah aquascape, diperlukan waktu pengerjaan lima hingga tujuh hari.

Dengan program pembinaan ini diharapkan, warga binaan dapat mandiri saat kembali ke lingkungan keluarga dan masyarakat setelah bebas nanti.

#Aquascape #WargaBinaan #LapasBengkulu #Kreatifitas #KotaBengkulu

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x