Kompas TV regional berita daerah

Vaksin Moderna Digunakan di Puskesmas Banjarmasin, Warga Rela Antre Sejak Subuh

Kompas.tv - 19 Agustus 2021, 16:03 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Vaksin covid-19 jenis Moderna buatan Amerika Serikat mulai digunakan di puskesmas-puskesmas di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Seperti di puskesmas Pelambuan, senin pagi (16/8/2021), pelaksanaan vaksinasi jenis ini berlangsung dengan antusias warga yang tinggi karena disebut memiliki efekasi lebih tinggi.

Baca Juga: Permudah Dapat Vaksin, Dandim Banjarmasin Ungkap Rencana Vaksinasi Jemput Bola

Seperti diakui Melda, untuk memenuhi kewajiban bekerja, ia dan rekan-rekannya bahkan sudah mendatangi puskesmas sejak pukul 5 pagi.

Mengetahui diberi vaksin jenis baru, Melda tak khawatir dengan efek samping yang mungkin timbul setelah divaksin.

“Persiapannya ngantri dari jam 5 sampai ini baru selesai jam 5 subuh, karena kita kan sehat aja ya mungkin kalau ada gejala bisa minum obat,” ungkap  Melda.

Sementara, Dinas Kesehatan menyebut saat ini menerima  1.180 vial Vaksin Moderna yang didistribusikan ke  26 puskesmas di Banjarmasin.

Tiap puskesmas diharapkan dapat memberikan vaksin sedikitnya 100 warga perhari.

“Kami sudah memprogram kan vaksinasi moderna untuk masyarakat umum untuk vaksin satu dan berbarengan dengan vaksin kedua sinovac bagi yang sudah ber vaksin 28 hari yang lalu,” terang Machli Riyadi.

Baca Juga: Wisma BBPPKS Disiapkan Jadi Tempat Isolasi Terpadu Warga Positif Covid-9 Tak Bergejala

Kendati telah menggunakan vaksin jenis Moderna, Dinas Kesehatan menyebut vaksinasi dengan Jenis Sinovac masih tetap berjalan khususnya untuk penyuntikan dosis kedua.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x