Kompas TV regional berita daerah

Gunung Merapi Erupsi 2 Kali, Warga Diimbau Waspada

Kompas.tv - 18 Agustus 2021, 10:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SLEMAN, KOMPAS.TV - Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali erupsi pada Selasa (17/8/2021) pagi. BPPTKG Yogyakarta melaporkan, erupsi Gunung Merapi terjadi 2 kali dengan jarak luncur awan panas hingga dua kilometer ke sisi barat daya.

Berdasarkan laporan petugas pos pemantau Gunung Merapi, erupsi pertama terjadi pada pukul 05.18 WIB, dengan jarak luncur awan panas guguran mencapai tiga kilometer ke arah sektor barat daya, di hulu Sungai Boyong dan Krasak.

Dua jam berselang, erupsi kedua kembali terjadi pada pukul 07.43 WIB, diiringi awan panas guguran ke arah yang sama sejauh dua kilometer. Petugas pemantau Gunung Merapi juga mengingatkan warga di sekitar lereng Gunung Merapi untuk mewaspadai potensi hujan abu di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan Sleman, Yogyakarta.

Hingga saat ini, status gunung merapi masih berada di level tiga atau siaga. BPPTKG Yogyakarta mengimbau warga dan wisatawan tidak melakukan kegiatan di dalam zona bahaya. Yang direkomendasikan yaitu, radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi di sektor tenggara - selatan dan lima kilometer di sektor barat daya.

#erupsigunungmerapi #sleman #awanpanas



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x