Kompas TV regional berita daerah

Dari Gulden Hingga Rupiah, Nostalgia Uang Jadul yang Menarik Hati

Kompas.tv - 17 Agustus 2021, 16:07 WIB
Penulis : Edika ipelona

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Berlokasi di Pasar Sudimampir Banjarmasin, Muhammad Murjani menjajakan hal yang bernilai sejarah. Uang lama atau jadul yang sempat di keluarkan oleh Bank Indonesia dari sebelum hingga sesudah Kemerdekaan Indonesia.

Benar saja, sejumlah uang jadul terpampang dijajakan di lapaknya dari uang yang kerap dijumpai pada masa kecil hingga uang jadul misalnya Mata Uang Belanda Gulden sebelum menjadi Euro yang di produksi oleh Bank Java sebelum kemerdekaan.

Hal ini turut mendapat perhatian dari sejumlah kolektor ataupun pecinta uang jadul Hery. Menurutnya selain bernilai sejarah, dengan menjumpai uang jadul ini ia merasa seakan sedang bernostalgia. Terlebih seperti saat  bertepatan pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 tahun.

Menurut salah satu pembeli, Hery, mengoleksi uang jadul ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan rasa nasionalisme sebagai Warga Negara Indonesia dan menghargai sejarah.

Menurut Murjani, uang jadul ini nantinya akan dijual kembali dengan harga bervariasi mulai dari harga Rp 10.000 hingga jutaan rupiah tergantung tanggal produksi dan kualitas kertas.
 

Video Editor: Laurensius Galih 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x