Kompas TV regional berita daerah

Rayakan Kemerdekaan RI dengan Tumini

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 12:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, dimanfaatkan oleh sebuah restoran di Kota Semarang dengan menyajikan tumini atau tumpeng mini. Melalui tumpeng mini ini makanan khas Indonesia tetap lestari sekaligus menjadi ungkapan syukur untuk Indonesia menjadi lebih baik.

Tumpeng merupakan makanan tradisional khas Indonesia dan berasal dari Jawa yang biasanya disajikan saat acara perayaan atau syukuran. Karena dinikmati secara bersama-sama biasanya tumpeng dibuat berukuran besar, dan dilengkapi dengan beragam jenis lauk-pauk seperti ayam goreng, kering tempe, perkedel kentang, mi goreng, abon, dan telur.

Untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, sebuah restoran di Jalan Kiai Ahmad Dahlan Kota Semarang, Jawa Tengah menyajikan tumini atau tumpeng mini. Pembuatan nasi tumpeng berukuran kecil sama seperti nasi tumpeng pada umumnya.

Nasi kuning dicetak dalam wadah bentuk kerucut, lalu dilengkapi dengan berbagi jenis lauk-pauk. Agar terlihat menarik dan higienis, tumpeng mini dikemas dalam wadah dan dihias pita merah.

“Di 17 Agustusan ini kami mengangkat namanya tumini, tumpeng mini dari Susan kafe-resto. Jadi biasanya 17 Agustus identik dengan tumpengan namun kita mengemas dengan cantik dan bisa dinikmati personal,”kata Elisabet, Pengelola Restoran.

Tampilan tumini yang unik dan menarik ini tentunya menggugah selera bagi siapa saja yang menikmati apalagi penuh dengan syarat makna.

“Tumpeng ini rasanya enak banget. Biasanya 17-san harus ramai-ramai menikmati tumpeng, namun dengan kemasan yang lebih higienis dan porsinya satuan kita tetap bisa merayakan kemerdekaan dengan tetap prokes,”kata Vika Bermantio, Penikmat Tumini.

Tumini atau tumpeng mini ini bisa dinikmati dengan harga Rp 40.000 per porsi. Anda bisa memanfaatkan momen perayaan hari Kemerdekaan Repubilik Indonesia ke-76 dengan menikmati tumpeng yang unik dan menarik versi mini.

#Tumpeng #KotaSemarang #Kuliner



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x