Kompas TV regional berita daerah

KSAD Ancam Pidanakan Anggota yang Terlibat Penyalahgunaan Anggaran TNI

Kompas.tv - 7 Agustus 2021, 19:35 WIB
Penulis : Reny Mardika

KOMPAS.TV - Tim pengawasan dan evaluasi TNI Angkatan Darat menemukan adanya penyelewengan anggaran pada setiap depo pendidikan latihan dan pertempuran di seluruh resimen induk kodam.

Penyelewengan anggaran tersebut antara lain pemotongan gaji siswa yang digunakan untuk kepentingan pribadi, pemotongan anggaran makan, penambahan anggaran yang sengaja diadakan untuk kepentingan personal, dan lain sebagainya.

Atas temuan tersebut, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa mengancam akan memidanakan prajurit yang terlibat.

Sementara anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar, Dave Laksono mengapresiasi keberanian Jenderal Andika Perkasa mengungkap pemborosan anggaran di TNI Angkatan Darat.

Dave berharap langkah ini bisa ditiru oleh pejabat publik lainnya.

Salah satu temuan penyelewangan penggunaan anggaran tim pengawasan dan evaluasi TNI Angkatan Darat terjadi pada bulan Mei hingga Juli 2021 yang mencapai Rp 585 juta.

Tim pengawasan saat ini masih mengevaluasi kebocoran anggaran di TNI Angkatan Darat.

Dukungan terhadap tindakan Jenderal Andika Perkasa yang mengungkap adanya penyelewengan anggaran pendidikan di TNI AD juga diberikan anggota Komisi I DPR fraksi PDIP, Tb Hasanuddin.

PDIP berharap Andika mampu meneruskan tradisi transparansi anggaran, tidak hanya di angkatan darat, tetapi juga lingkungan TNI secara umum.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x