Kompas TV regional berita daerah

Polisi Penyintas Lakukan Donor Plasma Konvalesen

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 13:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Puluhan anggota kepolisian Polres Pekalongan Kota, Jawa Tengah, melaksanakan pengambilan sampel darah untuk terapi plasma konvalesen. Pengambilan sampel darah untuk terapi konvalesen ini bertujuan untuk membantu sesama, terutama bagi pasien yang terkena Covid-19.

Sebanyak 25 anggota Polres Pekalongan Kota diambil sampel darahnya oleh Palang Merah Indonesia setempat. Sebelum diambil sampel darahnya, petugas memastikan terlebih dahulu tekanan darah calon pendonor plasma darah konvalesen.

Para penyintas covid ini juga dites hemoglobin untuk memastikan bisa diambil sampel darahnya atau tidak. Setelah diambil sampel darah, petugas membawa ke laboratorium untuk dites kelayakan plasma konvalesen calon pendonor.

"Apakah memenuhi syarat atau tidak akan kami periksa detail antibodinya dulu. Saat ini, pengambilan sampel untuk screening itu, satu orang diambil sekitar 5 ml, kemudian MLTD, MLTD itu infeksi Menular Lewat Tranfusi Darah kemudian detail antibodinya masih ada atau tidak, dan lainnya. Kemudian nanti baru bisa diambil apabila sudah memenuhi syarat plasma konvalesen," ujar Ani Sri Rahayu, Kepala UDD PMI Kota Pekalongan.

Pengambilan sampel darah untuk donor konvalesen sendiri bertujuan untuk membantu warga yang terpapar Covid-19, terutama untuk terapi agar mempercepat penyembuhan dari paparan virus korona.

Dengan adanya kegiatan donor plasma konvalesen, nantinya bisa berguna bagi masyarakat terutama yang masih terpapar Covid-19.

#polrespekalongan #covid19 #pmi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x