Kompas TV regional berita daerah

Gus Yasin Ajak Napi Lapas Sumbang Plasma Konvalesen

Kompas.tv - 6 Agustus 2021, 12:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PURWOKERTO, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maemun, akan menjadikan lembaga pemasyarakatan di Jawa Tengah sebagai kantong donor plasma konvalesen. Hal ini karena tak sedikit penghuni Lapas yang menjadi penyintas Covid-19.

Taj Yasin Maemun, yang melakukan kunjungan ke Lapas kelas II-A Purwokerto, Rabu (4/8/2021) siang, mengecek langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk warga binaan.

Dari data yang ada 30 orang warga binaan yang kini sedang menjalani isolasi di tempat khusus di dalam Lapas. Menurut Kalapas Purwokerto, Sugito, paparan covid dalam Lapas tak bisa dihindari, karena kondisi Lapas yang overload. Dari kapasitas 488 orang, saat ini dihuni lebih dari 600 orang warga binaan.

Melihat kondisi tersebut, Wagub Taj Yasin berpandangan, Lapas berpotensi menjadi kantong donor plasma konvalesen. Pada kesempatan itu wagub juga mensosialisasi program Gedor Lakon atau gerakan donor plasma konvalesen. Gerakan Gedor Lakon yang diinisiasi olah Taj Yasin ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19.

Wagub berpesan kepada kalapas agar segera berkoordinasi dengan PMI Unit Donor Darah (UDD) Banyumas, jika warga binaannya sudah selesai menjalani isolasi. Ia mengharapkan semua Lapas di Jawa Tengah bisa menjadi kantong donor plasma konvalesen.

"Gedor Lakon itu untuk siapapun, termasuk di Lapas. Tadi saya ternyata di Lapas Purwokerto sangat bagus, ternyata Lapasnya begitu perhatian terhadap masyarakatnya, ada tempat isolasi tersendiri khusus yang terpapar Covid-19. Ini sudah ada 30, nanti kita tunggu mereka ketika sudah selesai isolasi mandiri. Tadi disampaikan, tidak melakukan PCR, swab PCR, tapi misal dengan antigen yang nanti kita koordinasikan dengan PMI dan UDD Kabupaten Banyumas untuk koordinasi dengan Lapas kalau memang sudah selesai isolasinya, mereka datang ambil sampel dan untuk mendonorkan plasmanya. Semua Lapas nanti kita informasikan di Jawa Tengah," ujar Taj Yasin, Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Selain melakukan pantauan pelaksanaan vaksin covid di Lapas kelas II Purwokerto, Taj Yasin juga memantau pelaksanaan vaksinasi yang diadakan di Balai Desa Kalicupak.

Wagub mengapresiasi upaya jemput bola di desa-desa karena faktor demografi, dimana banyak rumah warga yang jaraknya jauh dari puskesmas. Padahal animo masyarakat untuk melakukan vaksinasi sangat tinggi.

#vaksin #lapas #tajyasin



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x