Kompas TV regional berita daerah

Menikmati Bubur Madura Di Palembang

Kompas.tv - 2 Agustus 2021, 07:03 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Bubur Madura, salah satu Kuliner Tradisional Nusantara, dari Madura. Makanan ini mulai menarik minat warga di Palembang dengan rasa yang manis, legit yang khas.

Berwarna cerah, membuat siapa yang melihatnya tergoda, mencicipi makanan satu ini. Ya Bubur Madura, salah satu Kuliner Tradisional Nusantara.

Dengan rasa manis, legitnya, perpaduan bubur sumsum, candil, sagu mutiara dan ketan hitam, membuat bubur satu ini menggoda di lidah.

Bubur madura, juga dapat dicoba membuatnya dirumah. Dengan bahan diantaranya bubur mutiara, ketan hitam, ubi jalar, gula kelapa, gula pasir, garam, tepung ketan dan daun pandan.

Pertama rebus ketan hitam, kemudian buat bubur candil menggunakan ubi jalar yang sebelumnya dihaluskan.

Lalu bentuk bulat ukuran kecil, rebus dan tambahkan gula kelapa serta tepung ketan. Rebus juga bubur mutiara dengan air mendidih selama beberapa menit, terakhir buat bubur sumsum dengan mencampurkan tepung beras, pasta pandan, santan kelapa, air dan masak hingga menjadi adonan yang bergerindil.

Setelah keempat bahan siap, sajikan dalam satu piring dengan mencampurkan ketan hitam/ sagu mutiara, candil, serta bubur sumsum.

Tuangkan gula kelapa cair, santan dan tambahkan sedikir es batu agar lebih segar.

Pembuat bubur madura, Yeni Setyanigrum, menerangkan, meski bubur berasal dari Madura namun peminat di Kota Palembang cukup banyak.

Tapi selama pandemi, permintaan sedikit turun. Rasa manis, legit serta teksturnya yang lembut, membuat banyak warga Palembang menyuaki bubur madura ini.

Satu porsi bubur madura, dibanderol cukup terjangkau hanya Rp 15 ribu rupiah.

#buburmadura #kulinernusantara #palembang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x