Kompas TV regional berita daerah

Petugas Cek Ketersediaan Dan Harga Obat di Pasaran

Kompas.tv - 19 Juli 2021, 12:10 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Tim gabungan dari Polres dan Kodim 0726 Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, memeriksa ketersediaan obat di berbagai apotek. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan obat, vitamin maupun oksigen.

Salah satu apotek yang di sidak adalah apotek Kimia Farma di Jalan Veteran Kabupaten Sukoharjo pada Kamis (15/07/2021) kemarin. Pihak apotek menyatakan untuk ketersediaan obat anti virus azithromicyn sudah menipis karena tingginya permintaan. Sementara untuk jenis obat lainnya, vitamin dan oksigen ketersediaannya masih aman.

Petugas akan terus melakukan pemeriksaan ke apotek-apotek secara berkala untuk memantau ketersediaan obat, vitamin dan oksigen. Selain mengecek stok, petugas juga mengecek apakah ada permainan harga obat di pasaran.

"Ini menindaklanjuti adanya informasi yang beredar di masyarakat bahwa ada yang menyediakan obat dengan harga dinaikkan. Kita cek di salah satu apotek tapi ternyata harga normal dan ada satu jenis obat dan stoknya masih ada dan harganya juga masih normal. pengecekan ini tidak hanya dilakukan di satu apotek namun juga kita lakukan di sejumlah toko obat dan apotek yang lain untuk memastikan harganya sesuai dengan aturan,” kata AKBP Wahyu Nugroho Setyawan.

Dari hasil sidak yang dilakukan, petugas tidak menemukan adanya kelangkaan dan penimbunan obat, vitamin maupun oksigen. Rencananya, pengecekan ketersediaan serta harga obat, vitamin dan oksigen akan dilakukan setiap hari.

#oksigen #apotek #Obat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x