Kompas TV regional berita daerah

Tekan Penyebaran Covid 19, Satgas Detektor Datangi Rumah Warga

Kompas.tv - 12 Juli 2021, 17:18 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Tekan penyebaran covid 19 di makassar ribuan satgas detektor covid 19 mendeteksi kesehatan warga di 15 kecamatan di makassar sulawesi selatan. Mereka mendatang rumah warga dan mendeteksi kesehatan.

Satgas detektor covid19 secara serentak mendatangi rumah warga di 153 kelurahan untuk mendeteksi kesehatan. Salah satu yang didatangi yakni kecamatan panakkukankg makassar. Sebanyak 1.425  satgas detektor di turungkan di sebelas kelurahan. Tim satgas yang terdiri dari warga setempat dan tenaga kesehatan ini mendatangi rumah warga dan mendata status kesehatan dengan cara mengecek suhu tubuh pemeriksaan saturasi oksigen hingga pemeriksaan tekanan darah.

Jika dalam proses skrining di temukan warga yang bergejala covid 19 tim detektor akan melakukan pemeriksaan lanjutan dan berkoordinasi dengan tim hunter covid yang berada di setiap puskesmas.

Camat Ujunga tanah, Andi Unru mengaku, timnya telah jalan sesuai arahan walikota namun lebih di tekankan untuk pendekatan persuasif tim detektor kepada masyarakat agar deteksi covid 19 bisa segera menekan penyebaran covid 19 di kota makassar

"di kecamatan ujung tanah sejak di laksanakan pendataan oleh tim detektor selama dua hari, pihak tripika, lurah dan tim pencegahan covid19 di tekankan menjunjung tinggi adat istiadat masyarakat yakni sipakatu, dipakalebbi, sipakainge, sebagian besar tim ditektor juga melibatkan mahasiswa kesehatan yang belum mengetahui karakteristik warga yang di tekankan agar menjunjung tinggi pepatah kuno, dimana kaki di pijak di situ langit dijunjung"ungkap andi unru.

Satgas Detektor baru diresmikan Jumat (27), kemarin. Tim ini bergerak door to door atau dari rumah ke rumah. Tujuannya, untuk mendeteksi kesehatan seluruh masyarakat Kota Makassar. Mulai cari cek kesehatan saturasi oksigen, tekanan darah, suhu tubuh, dan GeNose.

Jika ada yang terdeteksi positif melalui tes GeNose, maka pemerintah kota akan melanjutkan melalui tes PCR dan Swab Antigen. Bahkan,12 ribu alat PCR yang disiapkan sudah mampu mendeteksi empat varian baru Covid-19.

"Insya Allah mereka akan menjaga, memonitoring, sepanjang hari antara per satu bulan pemeriksaan itu. Jadi betul-betul kita sekarang berperang di RT," papar dia.

#detektor
#recover
#covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x