Kompas TV regional berita daerah

Covid-19 Varian Kappa Terdeteksi Di Sumsel

Kompas.tv - 9 Juli 2021, 16:54 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Mutasi virus corona varian Kappa dikonfirmasi ditemukan di Sumatera Selatan. Namun varian ini masih kategori varian of interest yang baru menjadi perhatian peneliti dan belum terbukti memiliki tingkat penularan tinggi. Masyarakat pun diminta tak panik.

Mutasi virus corona varian Kappa ditemukan di Sumatera Selatan. Varian Kappa B.1.617.1 merupakan salah satu varian mutasi virus corona, selain Varian Delta B.1.617.2.

Kedua varian tersebut sama-sama berasal dari India dan bermutasi dari virus sars-cov-2, namun memiliki perbedaan pada protein spike yang membantu virus masuk dan menginfeksi sel manusia.

Ahli Mikrobiologi dari Universitas Sriwijaya, Profesor Yuwono menerangkan, varian Kappa hanya masuk dalam varian of interest.

Varian tersebut baru menjadi perhatian peneliti dan belum terbukti memiliki tingkat penularan yang tinggi di masyarakat.

Berbeda dengan varian Delta yang masuk dalam varian of concern, karena terbukti lebih mudah menular dan menyebar luas, tengah menjadi perhatian WHO.

Masyarakat diminta tidak panik dengan varian ini dan tetap menjaga imunitas serta protokol kesehatan.

Kementerian Kesehatan mengonfirmasi dua kasus positif yang disebabkan virus mutasi corona varian Kappa, di Jakarta pada April dan Sumatera Selatan pada Januari lalu.

Varian Kappa pertama kali ditemukan pada Oktober 2020 di India. Varian ini berasal dari strain yang sama yaitu B.1.617.

#covid19 #kappa #sumsel




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x