Kompas TV regional berita daerah

Kasus Covid-19 Meningkat, Penyintas Tergerak Donorkan Plasma Darah Konvalesen

Kompas.tv - 8 Juli 2021, 10:56 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Tingginya permintaan darah konvalesen membuat sejumlah penyintas Covid-19 di Jember Jawa Timur tergerak untuk mendonorkan darahnya. Selain untuk menjaga imunitas pendonor sendiri, donor darah konvalesen juga untuk membantu terapi penyembuhan pasien Covid-19.

Para penyintas Covid-19 dari sejumlah wilayah mendatangi kantor Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Cabang Jember Jawa Timur, pada Selasa (6/7/2021). Kedatangan mereka untuk mendonorkan plasma darahnya yang berguna sekali bagi pasien Covid-19.

Baca Juga: Rangkaian HUT Bhayangkara ke-75, Polri Gelar Donor Darah Massal

Salah satu pendonor, Yungfi mengaku ingin membantu sesama. Dirinya dulu pernah terpapar Covid-19 dan sembuh dengan dukungan dan bantuan tenaga medis.

Kini ia pun ingin membantu dengan mendonorkan darah konvalesen, karena konvalesen dapat membantu terapi penyembuhan pasien terpapar virus corona dengan gejala berat dan sedang dalam perawatan di ruang isolasi.

“Selain membantu pasien covid, donor darah juga baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh, jadi sekalian donor biar tubuh sehat,” ujar Yungfi.

Ketua PMI Jember, Zaenal Marzuki mengaku permintaan plasma darah konvalesen meningkat sejak dua pekan terakhir. Hal itu terjadi seiring dengan peningkatan kasus Covid-19 di Jember.   

PMI Jember akan membuka layanan donor bagi penyintas Covid-19 selama 24 jam. Hal itu dilakukan untuk menjaga ketersediaan plasma darah konvalesen, sehingga tidak sampai mengalami kekosongan.

 

#PenyintasCovid-19 #DonorDarah #PlasmaDarahKonvalesen #PalangMerahIndonesia #PalangMerahIndonesia

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x