Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Blokade Jalan Demo Tolak Kedatangan TKA Disulsel

Kompas.tv - 7 Juli 2021, 17:12 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Sejumlah mahasiswa di makassar menggelar aksi unjuk rasa menolak kedatangan tenaga kerja asing ke sulawesi selatan  di masa pandemi covid-19 .

Dengan memblokade jalan   sultan alauddin  makassar  mahasiswa yang tergabung dalam koalisi aktif sulawesi selatan ini meggelar aksi unjuk rasa  menolak masuknya tenaga kerja asing .

Mereka menilai  masuknya tenaga kerja asing sebagai bentuk tidak konsistenya pemerintah indoensia  mengingat para pekerja asing tersebut masuk ke indonesia di tengah lonjakan kasus covid-19 . 

Dalam aksi ini koalisi aktivis mahasiswa Sulsel meminta pemerintah untuk segera mengambil tindakan tegas. Pasalnya, di tengah pandemi Covid-19, pemerintah justru membiarkan masuknya TKA asal China ke Sulsel. Menggunakan kendaraan truk, para demonstran memblokade akses jalan dan menjadikan truk tersebut sebagai mimbar untuk menyampaikan aspirasinya.

"Seharusnya pemerintah tidak menerima kedatangan para TKA asal China tersebut ke Sulsel, karena kondisi saat masih pandemi Covid-19," tegas Ketua Gerakan Pemuda dan Mahasiswa Makassar, Muh Ikhsyan.

Mahasiswa juga menuntut pemerintah agar segera mengkaji kembali undang-undang ketenagakerjaan di masa pandemi Covid-19. "Di masa pandemi saat ini tenaga kerja asing dari negara China masih dibiarkan masuk ke Sulsel, khususnya di Kabupaten Bantaeng, sehingga UU mengenai ketenagakerjaan harus direvisi kembali oleh pemerintah," jelasnya.

Aksi penolakan TKA asal China ini mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, setelah menyampaikan aspirasinya, para mahasiswa pun membubarkan diri dengan tertib dan akses jalan yang menghubungkan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa kembali normal.


#TOLAKTKA
#TKACHINA
#PANDEMI



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x