Kompas TV regional berita daerah

Stok Plasma Darah Konvalesen di PMI Kota Semarang Kosong

Kompas.tv - 17 Juni 2021, 18:56 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Hal tersebut diakui oleh kepala unit donor darah PMI Kota Semarang, Anna Kartika. Selama satu bulan terakhir, stok darah Plasma Konvalesen kosong karena tingginya angka kasus Covid-19 di Kota Semarang dan luar Kota Semarang. Pandemi juga sangat berdampak pada stok darah maupun Plasma karena adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.

Apalagi untuk mendapatkan Plasma darah Konvalesen lebih sulit dibandingkan pendonor darah biasa. Selain pendonor harus penyintas Covid-19, sejumlah Screening harus dilakukan untuk memastikan calon pendonor memenuhi syarat. Bagi para penyintas Covid-19 yang sudah sembuh diharapkan mendonorkan plasmanya ke PMI untuk pasien yang membutuhkan.

“Untuk stok Plasma darah Konvelesen di PMI Kota Semarang kosong, karena antrean pasien hingga seratus pasien. dan kendala yang dihadapi terutama dari pendonor, karena untuk donor Plasma darah Konvalesen harus memenuhi persyaratan,” kata Anna Kartika, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Semarang.

Ketersediaan Plasma darah Konvalesen yang ada di PMI Kota Semarang tidak hanya diperuntukkan bagi warga Kota Semarang, namun stok Plasma darah Konvelesen juga dikirim ke luar Kota Semarang seperti Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak dan Kota Salatiga.

#Covid19 #PMI #PlasmaDarahKonvalesen #Corona



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x