Kompas TV regional berita daerah

Kasus Aktif Covid-19 Meningkat 3 Pekan Pasca Lebaran, Warga Harus Tetap Patuh Prokes

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 21:26 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MADIUN – SURABAYA, KOMPAS.TV - Pasca lebaran, kasus aktif covid-19 di Kabupaten Madiun meningkat hingga membuat angkanya tertinggi di Jawa Timur. Hal yang sama terjadi di Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya, pasca lebaran, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat meningkat.

Angka kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Madiun mengalami kenaikan sejak beberapa pekan terakhir pasca lebaran.

Bahkan angka kematian juga terus mengalami peningkatan per 1 Juni 2021. Pemerintah setempat mencatat kasus aktif Covid -19 mencapai 174 kasus. Sedangkan kasus pasien Covid meninggal 227 kasus.

Baca Juga: Kabupaten Zona Merah Covid-19 Tambah Jadi 13, Ratusan Daerah Terancam Berstatus Risiko Tinggi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Soelistyo Widyantono mengatakan bahwa angka itu menjadikan Kabupaten Madiun tertinggi dibandingkan 37 Kota Kabupaten se Jawa Timur. Kenaikan jumlah kasus Covid-19 dikarenakan sistem tracing, testing dan treatment masih aktif dilakukan.

Hal serupa juga terjadi di Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya. 3 pekan pasca lebaran, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat naik 250 persen dan rata-rata didominasi oleh pekerja migran.

Per 2 Juni 2021, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit itu sebanyak 108 pasien, yang terdiri dari 60 pekerja migran dan 48 masyarakat umum.

Baca Juga: Usai Mudik Lebaran, Muncul 4 Klaster Covid-19 Baru di Kebon Jeruk Jakarta

Koordinator RS Lapangan, I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengatakan bahwa jumlah itu naik 250 persen, jika dibandingkan pada pekan pertama pasca lebaran yang sempat menurun. Kemudian meningkat lagi pada pekan kedua hingga saat ini.

Pemerintah selalu mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan, karena ancaman meningkatnya kasus aktif Covid-19 masih ada.

Berdasarkan data dari Satgas Covid 19 Provinsi Jawa Timur, saat ini terdapat 1.700 an kasus aktif. 141 ribuan pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 11 ribuan meninggal dunia.

 

#Covid-19 #VirusCorona #Lebaran #Madiun #Surabaya #RumahSakitLapangan #PekerjaMigran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x