Kompas TV regional peristiwa

Nekat Konvoi untuk Rayakan Kelulusan, Puluhan Pelajar SMA di Kota Surakarta Diamankan

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 14:10 WIB
nekat-konvoi-untuk-rayakan-kelulusan-puluhan-pelajar-sma-di-kota-surakarta-diamankan
Puluhan pelajar SMA di Kota Solo terjaring razia saat lalukan perayaan kelulusan dengan konvoi dan corat-coret seragam di Mapolresta, Kamis (3/6/2021). (Sumber: tribunnews.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

SURAKARTA, KOMPAS.TV – Puluhan pelajar SMA di Kota Surakarta yang menggelar konvoi dan coret-coret seragam untuk rayakan kelulusan diamankan oleh Polresta Surakarta.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Ade Safri Simanjuntak, menjelaskan puluhan pelajar SMA diamankan setelah adanya laporan masyarakat.

"Dari call center Polresta Surakarta di jalan sekitar Banyuanyar, Banjarsari adanya pelajar yang melalukan aksi konvoi arak-arakan yang menggangu masyarakat," terangnya, dikutip dari Tribunnews.com.

Ia menjelaskan, saat pihak kepolisian datang ke lokasi, 27 pelajar tersebut sedang mencoret seragam dan akan lakukan aksi konvoi.

"Kita lalukan penindakan pelangaran lalu lintas (penilangan) dan pada pandemi ini dilarang membuat kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa," tegasnya.

Baca Juga: Konvoi Rayakan Kelulusan Bawa Senjata Tajam, Tiga Pelajar Diamankan Polisi

Dari Razia tersebut, diamankan pula 26 sepeda motor yang dikendarai pelajar tersebut. Selanjutnya, dilakukan pemanggilan orangtua dari puluhan siswa.

Sebelumnya, larangan perayaan kelulusan sudah ditekankan oleh Pemkot Surakarta.

Wali Kota Surakarta,  Gibran Rakabuming Raka mengimbau agar siswa tidak melakukan konvoi. Menurutnya, euforia kelulusan seperti corat-coret dan konvoi sudah tidak relevan lagi di zaman sekarang ini.

"Tidak perlu terjerumus kepada euforia, apalagi kita masih pandemi," kata Gibran, Kamis (3/6/2021).

Gibran juga meminta siswa tidak berlebihan dalam menyikapi kelulusan ini. Oleh karena itu, orang tua juga diharapkan bisa mengawasi putra putrinya agar tertib.

"Ya kalau ada nanti langsung dibubarkan nanti kami tindak," pungkasnya.

Baca Juga: Diduga Hendak Tawuran Saat Konvoi Kelulusan Sekolah, Pelajar SMA Diamankan Polisi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x