Kompas TV regional berita daerah

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Rumah Masa Kecil Bung Karno

Kompas.tv - 2 Juni 2021, 17:34 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Memperingati hari lahir Pancasila puluhan warga kota Blitar menggelar upacara bendera di rumah masa kecil Bung Karno. Dengan mengenakan baju tradisional dan perjuangan, warga dengan khidmat meresapi satu persatu sila Pancasila.

Dengan mengenakan pakaian tradisional, puluhan warga kota Blitar ini mengikuti upacara bendera di rumah masa kecil Bung Karno. Mereka sengaja mengikuti upacara bendera ini untuk memperingati hari lahirnya Pancasila.

Upacara bendera di Istana Gebang ini merupakan kegiatan rutin untuk meneladani makna dari Pancasila. Dengan mengambil tema pancasila dalam tindakan warga diharapkan mampu menjalankan pola kehidupan sesuai dengan Pancasila.

Peringatan hari lahir Pancasila ini juga dibalut dengan nuansa budaya jawa. Hal itu sengaja ditampilkan untuk melestarikan budaya jawa di tengah era modern.

Selain upacara, warga juga menggelar genduri di dalam Istana Gebang. Hal itu dilakukan sebagai bentuk syukur karena hingga saat ini nilai-nilai Pancasila masih dipegang erat oleh warga.

#Blitar #Pancasila #BungKarno #IstanaGebang #BeritaKediri

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x