Kompas TV regional peristiwa

BMKG Ingatkan Warga Pasca Gempa Blitar: Waspada Adanya Gempa Susulan

Kompas.tv - 22 Mei 2021, 00:43 WIB
bmkg-ingatkan-warga-pasca-gempa-blitar-waspada-adanya-gempa-susulan
Lokasi gempa Blitar terkini dengan kekuatabn M 5,9 (Sumber: BMKG.go.id)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

BLITAR, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada warga untuk mewaspadai adanya potensi gempa susulan pasca terjadinya gemba bumi Blitar berkekuatan M 5,9 yang mengguncang sejumlah wilayah di Jawa Timur, hingga terasa di Yogyakarta dan Bali, pada pukul 19.09 WIB, Jumat (21/5/2021) malam. 

Dari rekaman data BMKG, Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG, mengungkapkan meski berpusat pada koordinat 8,63 LS dan 112,34 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 km arah Tenggara Kabupaten, Blitar, Jawa Timur, gempa tektonik ini berada pada kedalaman 110 km.

Namun getaran akibat guncangan gempa dirasakan tidak hanya di daerah-daerah di Provinsi Jawa Timur saja, melainkan juga dirasakan oleh masyarakat di Yogyakarta hingga Denpasar, Bali.

“Masyarakat di wilayah selatan Jawa Timur diimbau agar tetap tenang. Akan tetapi, juga terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gempa-gempa susulan berikutnya,” jelas dalam konferensi pers, Jumat (21/5/2021) malam.

Baca Juga: Empat Kecamatan Ini Dilaporkan Ada Kerusakan Akibat Gempa Bermagnitudo 5,9 di Blitar

Ia menjelaskan, meskipun saat ini sudah ada laporan beberapa kerusakan baik bangunan rumah warga, maupun sarana fasilitas publik, tetapi masyarakat tidak boleh panik.

"Potensi gempa-gempa susulan itu pasti selalu ada. Tapi masyarakat jangan panik, tetap tenang, tetapi juga waspada," kata Dwikorita.

Ia menegaskan, bagi masyarakat yang saat ini berada di dalam rumah atau bangunan yang retak dan struktur bangunannya rapuh, maka sebaiknya menghindari bangunan tersebut.

Perhatikan dan ketahui jalur evakuasi di sekitar wilayah tempat tinggal Anda, sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu gempa lainnya terjadi.

"Gempa bumi utama yang terjadi dengan gempa susulan relatif kecil, tetapi harus diperhatikan oleh masyarakat jika merasa tinggal di dalam bangunan yang cukup rapuh struktur bangunannya," sambung Bambang Setiyo Prayitno MSi, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG dalam kesempatan yang sama menjelaskan gempa Blitar.

Baca Juga: Gempa M 6,2 Terkini Guncang Blitar, Terasa hingga Yogyakarta

Sebab, ungkapnya, wilayah sepanjang tahun 2021 ini, aktivitas kegempaan di wilayah Selatan Jawa Timur memang cukup signifikan.

Sebagai informasi, hingga hari Jumat, 21 Mei 2021 pukul 20.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan sebanyak 2 kali (aftershock) dengan magnitudo 3,1 dan 2,9.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x