Kompas TV regional berita daerah

Lagu Indonesia Raya Berkumandang di Pasar Dan Perkantoran

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 15:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada tanggal 20 Mei, diperingati masyarakat Jawa Tengah dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Menyanyikan lagu ini tepat pada pukul 10.00 WIB ini merupakan himbauan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk membangkitkan kembali semangat nasionalisme dan kebangsaan Indonesia.

Jelang pukul 10.00 WIB, semua kendaraan yang melintas di seputaran Simpang Lima, Kota Semarang dihentikan oleh Satlantas Polrestabes Semarang, untuk mengajak pengendara menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama.

Sementara itu di Pasar Gayamsari, sebelum menyanyikan lagu Indonesia Raya, pedagang ini terlebih dahulu menyiapkan bendera merah putih. Selanjutnya dengan diiringin dirijen para pedagang dan pengunjung pasar menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara bersama-sama dengan posisi tangan hormat. 

Hal yang sama juga terlihat di lingkungan Pemprop Jawa Tengah. Para ASN ini mengaku mendukung langkah Gubernur, Ganjar Pranowo yang menghimbau menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 mei 2021. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah mengaku senang karena himbauannya untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, direspon baik oleh masyarakat Jawa Tengah. Bahkan Ganjar mengaku, warga Jawa Tengah yang berada di luar Jateng maupun yang ada di perantauan ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sebelumnya gagasan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya datang dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Ganjar mendukung penuh gagasan tersebut dan menghimbau seluruh warga Jawa Tengah untuk turut menyanyikan lagu Indonesia Raya di peringatan Hari Kebangkitan Nasional tepat pada pukul 10.00 WIB.

#HariKebangkitanNasional #IndonesiaRaya #LaguKebangsaan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x