Kompas TV regional berita daerah

Pasca Idul Fitri, Vaksinasi Covid-19 Kembali Dilanjutkan, Sasaran Lansia, Pedagang dan Keluarga TNI

Kompas.tv - 19 Mei 2021, 20:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

KEDIRI, SIDOARJO DAN SURABAYA, KOMPAS.TV – Pasca lebaran Idul Fitri, sejumlah pemerintah daerah dan kesatuan TNI Angkatan Darat di Provinsi Jawa Timur kembali melanjutkan vaksinasi bagi lansia, pedagang, tenaga kesehatan dan keluarga TNI. Hal itu dilakukan untuk mempercepat kekebalan kelompok dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

Salah satunya dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, yang mulai melakukan vaksinasi kepada pedagang di Pasar Bandar, Kecamatan Mojoroto, dan lansia di sejumlah Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, Fauzan Adima mengatakan proses vaksinasi kembali dilanjutkan setelah sempat terhenti selama hari raya Idul Fitri. Proses vaksinasi dipercepat mengingat masa kadaluarsa vaksin astrazeneca berlaku hingga akhir Mei 2021. Ditargetkan seribu dosis vaksin astrazeneca yang masih tersisa dapat tersalurkan kepada masyarakat di akhir bulan Mei 2021.

Baca Juga: Kiai dan Ulama Meminta Warga Tidak Percaya Hoaks Soal Vaksin Covid-19

Hal serupa juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pemerintah setempat telah meminta seluruh puskesmas kembali melanjutkan vaksinasi kepada ratusan lansia dan tenaga kesehatan usia lebaran. Untuk menghindari kerumunan, vaksinasi juga dilakukan di sejumlah rumah sakit dan klinik kesehatan. Setiap puskesmas mendapatkan 2 ratus dosis vaksin astrazeneca per hari.

Vaksinasi juga dilakukan kepada 12 ribu orang keluarga besar TNI Angkatan Darat yang berada di lingkup Kodam V Brawijaya. Vaksinasi dengan vaksin astrazeneca diberikan mulai tanggal 18 hingga 21 Mei 2021.

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto mengatakan bahwa vaksinasi dilakukan di sejumlah rumah sakit milik TNI, salah satunya Rumah Sakit DKT Gubeng Pojok Surabaya. 12 ribu orang keluarga TNI AD yang mendapatkan vaksin terdiri dari purnawirawan, istri prajurit yang meninggal, istri atau suami purnawirawan dan istri atau suami prajurit TNI.

 

#Vaksin #Vaksinasi #Covid-19 #AstraZeneca #TNIAD



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x