Kompas TV regional berita daerah

Sistem Barcode, Memudahkan Siswa Identifikasi Tanaman

Kompas.tv - 3 Mei 2021, 13:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Terobosan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dilakukan oleh SMA Negeri 4 Kota Semarang. Sekitar 400 jenis tanaman yang ada di lingkungan sekolah semua bertanda barcode.

Jika ingin mengetahui lengkap nama jenis tanaman dan manfaatnya, siswa bisa langsung men-scan barcode melalui telepon genggamnya dan akan muncul penjelasan lengkap tentang tanaman yang ingin diketahuinya termasuk manfaat dari tanaman tersebut.

"Di SMA kita kan sekolah adiwiyata, di sini banyak sekali jenis tumbuhan yang di tanam, untuk kita  mempelajarinya, kita sudah menerapkan teknologi, jadi kita menggunakan media scanner dari HP siswa masing-masing," kata Sriya, siswa SMA Negeri 4 Kota Semarang.

Kepala SMA Negeri 4 Kota Semarang Wiji Eny Ngudi Rahayu menegaskan, model barcode ini lebih efektif daripada harus memasang tulisan poster atau semacamnya  pada tanaman.

Sistem canggih ini baru pertama kali dilakukan di Jawa Tengah, yang memudahkan siswa belajar tanpa terikat jam pelajaran, bisa dilakukan saat jam istirahat atau jam pulang sekolah.

#SMANegeri4KotaSemarang #SekolahAdiwiyata #KotaSemarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x