Kompas TV regional berita daerah

Memanah Sambil Berkuda, Olahraga Sunah yang Kian Digemari

Kompas.tv - 28 April 2021, 15:24 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Olahraga ada beragam jenisnya, jika dilakukan dengan tepat akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Termasuk olahraga berkuda dan memanah yang kini semakin digemari, selain kaya akan manfaat keduanya merupakan olahraga sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Lanal Lampung Fasilitasi Keluarga Letkol Heri Oktavian ke Surabaya

Al Hac Istal di Jalan Pagar Alam, di pusat Kota Bandar Lampung ini salah satu tempat yang bisa dipakai berlatih tak hanya berkuda dan memanah, namun juga berkuda sambil memanah.

Sejumlah persiapan harus dilakukan, seperti menggunakan helm dan sepatu boots khusus berkuda, bagi pemula akan ada pelatih atau instruktur yang akan membimbing selama di lapangan pacu.

Di lokasi yang tak jauh dari area berkuda, sejumlah orang juga tengah disibukan dengan berlatih memanah. Bagi pemula akan dilatih memegang busur dan menarik anak panah agar tepat sasaran.

Jika dilakukan dengan cara yang benar dan rajin berlatih, maka keduanya bisa dilakukan bersama-sama yang disebut olahraga berkuda sambil memanah.

Konsentrasi dan kestabilan tubuh, adalah kunci agar bisa mengendalikan kuda sambil menarik anak panah tanpa terjatuh.

Menurut Romi salah satu pelatih di Al Hac Istal, olahraga yang menekankan pada gerak tubuh dan interaksi dengan hewan serta alam akan membawa dampak baik bagi tubuh.

Apalagi saat ini terutama anak-anak dan orang dewasa memiliki waktu lebih lama saat menggunakan gawai, olahraga semacam jika dilakukan dengan tepat akan mendatangkan manfaat seperti meningkatkan konsentrasi dan melatih kedisiplinan terutama pada anak-anak.

Tak heran saat ini, banyak masyarakat yang datang pada akhir pekan untuk berolahraga dan beriwisata religi di Al Hac Istal.

#AlHacIstal #Olahraga #Berkuda #Panahan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x