Kompas TV regional berita daerah

Bangunan Mirip Candi Ditemukan di Pekarangan Warga

Kompas.tv - 26 April 2021, 12:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KENDAL, KOMPAS.TV - Bangunan berupa susunan batu bata mirip candi ditemukan terpendam dalam tanah di pekarangan warga di Dusun Boto Tumpang, Desa Karangsari, Kecamatan Rowosari, Kendal, Jawa Tengah. Diduga bangunan mirip candi tersebut merupakan bangunan peninggalan abad ke-7 sebelum Kerajaan Mataram kuno.

Menurut warga, penemuan bangunan candi saat Suprabowo menggali pekarangan depan rumahnya, untuk tempat pembuangan sampah sedalam 1 meter. Ia menemukan batu bata yang tertata rapi, sehingga penggalian tidak diteruskan dengan alasan khawatir terjadi sesuatu. Hingga akhirnya ada tim arkeolog yang menuju ke halaman depan rumahnya dan menduga bangunan yang terpendam adalah peninggalan sejarah berupa candi.

Hingga hari Kamis, tanah sudah tergali sedalam 4 meter dan ditemukan bangunan benteng utama candi setinggi 3 meter. Warga berharap penemuan bangunan sejarah ini bisa dikembangkan oleh Pemerintah Daerah, agar menjadi tempat wisata sejarah baru di Kendal.

Sementara Ketua Tim Penelitian Puslitarkenas, Agustiyanto Indrajaya mengatakan, kedua candi tersebut ditemukan pada tahun 2018 lalu. Saat itu, pihaknya melakukan pencarian dan penelitian peninggalan Hindu-Budha di sepanjang pantai utara Jawa Tengah, dari Kabupaten Brebes hingga Rembang.

Selain di Rowosari, Puslitarkenas juga menemukan dan menggali beberapa titik temuan candi di Trisobo, Kecamatan Boja dan Tegalsari, Kecamatan Kangkung. Kkomplek tersebut kini menjadi cagar budaya, Situs Boto Tumpang yang dilindungi oleh Undang-Undang.

 

#Candi #SitusBotoTumpang #CagarBudaya
 


 


 


 


 


 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x