Kompas TV regional berita daerah

Dokter Tempuh Belasan Kilo Untuk Cek Kesehatan Warga

Kompas.tv - 23 April 2021, 16:57 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Dokter dan Tenaga Kesehatan Puskesmas di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, sambangi rumah warga di Kampung Cipangawaren, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang kesulitan untuk mengakses ke pusat pelayanan kesehatan.  Selain jaraknya yang sangat jauh ke Puskesmas Kecamatan, jalan terjal dan rusak juga menghambat para warga ketika berobat, apalagi saat malam hari, terhalang dengan gelapnya jalan karena kurang penerangan.

Para Dokter dan Tenaga Kesehatan Puskesmas Ciracap ini harus menempuh jarak 11 kilo meter dari puskesmas menuju kampung tersebut menggunakan kendaraan roda dua. Mereka banyak menemukan warga menderita sakit lumpuh dan struk menahun dengan kondisi kronis, karena warga tak mampu berkunjung berobat ke dokter. 

Selain mengobati penyakit kronis, para Dokter dan tenaga kesehatanpun memberikan pelayanan pengecekan kesehatan pada warga, juga memberikan sosialisasi tentang bahaya Virus Covid 19, dan pencegahannya salah satunya dengan menerapkan 5m dan suntik vaksin.

Merekapun hanya bisa menempuh 2 Kampung per harinya dengan melayani 3 sampai 4 Pasien, karena terhalang jarak dan waktu pelayanan. Sementara di Kecamatan Ciracap sendiri ada sekitar 6 desa yang akan di sambagi Dokter dan Nakes tersebut.

Kegiatan Dokter masuk Kampung ini merupakan salah satu prorgam Puskesmas Kecamatan Ciracap untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima. Masyarakat berharap, kedepannya pemerintah bisa memperhatikan infrastruktur jalan mereka , agar tak terhalang untuk mendapatkan akses kesehatan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x