Kompas TV regional berita daerah

Remaja Difabel Tak Patah Semangat Jadi Pedagang Asongan

Kompas.tv - 5 April 2021, 15:27 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Walaupun dengan keterbatasannya, Gading Ogi Syahputra, warga Dukuh Bubak RT 2 RW 7, Desa Kebonagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, selalu semangat menjajakan dagangannya, dengan mengayuh sepedanya yang sudah usang. Postur kaki Gading yang tidak sempurna, membuatnya tidak mampu berjalan  normal. Gading juga tidak cakap berbicara, sehingga membuatnya kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Gading mengatakan, banyak warga yang akan mengasih uang untuk dirinya, namun ia selalu menolak. Dalam sehari, Gading bisa membawa pulang uang Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Uang tersebut digunakan Gading untuk modal dagang keesokan harinya dan sisanya ditabung.


Susiyanti ibu Gading mengatakan, kondisi anaknya tersebut sudah diketahui sejak lahir. Sempat dibawa ke sejumlah dokter, namun tidak ada perubahan berarti dari tubuh Gading.

Dua orang petugas dari Kementerian Sosial RI didampingi Dinas Sosial dan anggota DPRD Kabupaten Pekalongan menyambangi rumah Gading pada Kamis sore. Mereka membawa kabar gembira karena Gading akan mendapatkan bantuan berupa sepeda motor yang sudah dimodifikasi. Bantuan tersebut dimaksudkan agar Gading bisa lebih mandiri, serta dapat menambah barang dagangannya.

Kedatangan para petugas dari Kementerian Sosial sendiri lantaran perintah langsung dari Menteri Sosial Tri Risma Harini yang melihat kegigihan Gading dari pemberitaan media.

Gading sendiri mengaku senang dengan bantuan yang akan didapatnya. Dirinya mengaku akan menggunakan sepeda motor untuk berjualan apabila benar-benar diberi bantuan oleh pemerintah.

Semangat pantang menyerah yang ditunjukkan Gading membuat banyak warga yang bersimpati kepadanya.

#Pekalongan #GadingOgiSyahputra #KementerianSosial

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x