Kompas TV regional berita daerah

Truk Tambang Pasir Terjebak di Tengah Banjir Lahar Hujan Gunung Semeru

Kompas.tv - 2 April 2021, 12:47 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Hujan deras yang mengguyur kawasan puncak Gunung Semeru membuat gunung tertinggi di Pulau Jawa itu memuntahkan banjir lahar hujan pada Kamis (01/04/2021).

Sebuah truk yang akan mengisi material pasir sempat terjebak di tengah sungai, karena tidak mengetahui kalau terjadi banjir lahar yang cukup besar.

Banjir lahar hujan Gunung Semeru membawa air bercampur lumpur di sungai leprak Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Bahkan batu-batu besar juga ikut terbawa derasnya banjir lahar.

Seorang warga, bernama Sumbari, mengaku warga dan para penambang tidak menyangka banjir datang dengan volume air cukup besar, padahal mereka tidak melihat tanda-tanda kalau akan terjadi banjir lahar.

“Kami tidak menyangka akan ada banjir lahar hujan besar, padahal di bagian hilir tidak ada hujan sama sekali,” ujar Sumbari.

Peristiwa ini mengakibatkan sebuah truk yang hendak mengisi material pasir terjebak di tengah sungai. Beruntung sopir truk segera lari menyelamatkan diri saat melihat banjir lahar datang.

Beruntung setelah banjir mulai surut, truk dapat dikeluarkan dari tengah sungai. Penambang pasir dan warga terus meningkatkan kewaspadaan karena curah hujan di puncak Gunung Semeru masih tinggi.

 

#BanjirLaharHujan #GunungSemeru #TrukTambangPasir #Lumajang

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x