Kompas TV regional berita daerah

Lapas Pontianak Berikan Rehabilitasi Sosial untuk Warga Binaan

Kompas.tv - 2 April 2021, 09:16 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Para warga binaan pemasyarakatan atau WBP Lapas Kelas IIA Pontianak, di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, tampak sangat bersemangat saat mengikuti olahraga pagi. Selain untuk menjaga kebugaran WBP, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya rehabilitasi sosial dari ketergantungan narkotika.

Berbagai program dilakukan oleh lapas Kelas IIA Pontianak setiap harinya yang bekerjasama dengan Yayasan Rumah Adiksi Indonesia dengan pendekatan terapi komunitas, mulai dari motivasi interview, kegiatan diskusi kelompok, edukasi tentang bahaya narkotika, hingga kegiatan keagamaan dan pembekalan kemampuan keterampilan.

Para warga binaan tampak antusias mengikuti setiap program. Selain untuk mengubah pola pikir, WBP juga semakin memahami dampak buruk narkotika yang sebelumnya tidak diketahui.

Dari setidaknya 1.100 WBP, sebanyak 70 persen WBP di Lapas Kelas IIA Pontianak terjerat kasus narkotika. Sehingga, dengan rehabilitasi sosial yang diikuti 240 WBP ini, para warga binaan diharapkan terbebas dari ketergantungan narkotika, dan dapat diterima di masyarakat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x