Kompas TV regional berita daerah

Kelapa Kering Disulap Menjadi Bonsai Pohon Kelapa dengan Ornamen Unik

Kompas.tv - 1 April 2021, 10:15 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Buah kelapa kering ternyata dapat dimanfaatkan menjadi tanaman bonsai, seperti yang dilakukan oleh seorang warga di Jember Jawa Timur. Dengan keuletan dan ketelatenan, kelapa bonsai dihias dengan ornamen ukiran hingga harga jualnya melambung tinggi

Adalah Junaedi, warga Desa Karangrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember, yang lihai menyulap buah kelapa kering menjadi bonsai pohon kelapa. Junaedi memanfaatkan halaman rumahnya yang sempit untuk membudidayakan bonsai pohon kelapa.

Baca Juga: Bonsai Minion, Ide Baru Bisnis Bonsai Saat Pandemi

Bonsai pohon kelapa yang dibudidayakan oleh Junaedi berbeda dengan bonsai pohon kelapa pada umumnya. Pasalnya Junaedi menambahkan ornamen ukiran cantik, seperti bentuk ayam jago, burung dan hewan landak, sehingga tanaman bonsai yang kerdil lebih artistik dan harganya tinggi.

Junaedi mengatakan bahwa untuk membuat seni bonsai pohon kelapa membutuhkan kreatifitas dan imajinasi tinggi agar yang dihasilkan maksimal.

Untuk proses budidayanya diawali dengan membersihkan buah kelapa kering hingga terlihat bagian batok saja. Kemudian sisakan serabut sebagai tempat tumbuh tunas. Serabut direndam dalam air agar tunas cepat tumbuh.

Bonsai pohon kelapa itu cocok dipajang sebagai penghias teras rumah dan ruang tamu. Harganya pun sangat beragam mulai 150 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah, tergantung keunikannya.

 

#BonsaiPohonKelapa #BuahKelapaKering #Lukisan #Ornamen #Jember

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x