Kompas TV regional berita daerah

Gajah Betina Terluka Parah Karena Gading Gajah Jantan

Kompas.tv - 24 Maret 2021, 16:50 WIB
Penulis : Reny Mardika

ACEH, KOMPAS.TV - Seekor gajah betina berusia sekitar 40 tahun ditemukan terluka parah di Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur, dan tengah dalam perawatan medis oleh tim BKSDA Aceh dan dokter hewan dari forum Konservasi Leuser. Gajah tersebut terluka parah akibat serangan dari gajah jantan.

Sejak dilaporkan oleh warga sekitar pada Jumat (19/3/2021) lalu tentang keberadaan gajah yang terluka, tim dari forum Konvervasi Leuser kemudian mencari keberadaan hewan itu.

Setelah ditemukan pada sabut malamnya, tim melihat luka infeksi di seluruh bagian tubuh gajah betina itu.

Berdasarkan pengamatan tim medis, ditemukan puluhan lubang luka bahkan luka terparah ditemukan di bagian bawah telinga kanan dan kiri.

Selain itu luka lainnya ditemukan di bagian perut, punggung, bagian mata dan paha, yang berlubang akibat gading gajah jantan.

Luka infeksi itu diperkirakan sudah sebulan lamanya.

Tim medis yang terdiri dari dokter BKSDA Aceh dan dokter hewan dari Forum Konservasi Leuser melakukan pengobatan langsung di lapangan.

Penanganan medis yang diberikan dengan mengambil sample darah, pembersihan luka dan diberikan antibiotik.

Setelah mendapatkan perawatan dari tim medis, gajah betina yang diberi nama Ema tersebut kemudian dilepas kembali ke habitatnya dan akan terus dipantau oleh tim medis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x