Kompas TV regional berita daerah

Nikah Dimasa Pandemi Pengantin Beri Maskawin Sepeda Lipat

Kompas.tv - 22 Maret 2021, 16:06 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Inilah suasana saat Akad Pernikahan Pasangan Pengantin Ramadhan Firmasyah dengan Fitriana Lestari yang berlangsung di salah satu Cafe  di Jalan Raya Ciaul, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jika melihat proses pernikahannya, tidak ada yang aneh dibanding pernikahan pasangan pengantin lainnya.

Namun  ada sedikit perbedaan, pasangan ini melakukan  Ijab Kobul Pernikahan, dengan maskawin sepasang sepeda lipat. Maskawinnyapun dipasang dan dipajang di Pelaminan,  dan dijadikan tempat duduk mereka selama pernikahan.

Tidak hanya sekedar asal memilih Maskawin, ternyata ada cerita khusus bagi mereka memilih mas kawin sepeda lipat. Selain karena hobi yang sama, pasangan yang berasal dari Surabaya dan Sukabumi ini, awal menjalin cintanya saat awal masa Pandemi Covid 19.

Sementara itu menurut Penghulu Kecamatan Cikole yang menikahkan mereka, mahar nikah atau maskawin dalam pernikahan harus sesuai permintaan Istri, dan tidak ada ketentuan khusus, hanya saja ada sunah yang dicontohkan, yaitu mahar harusnya barang yang paling berharga. jika sepeda dianggap berharga oleh seorang Istri , berarti maskawin tersebut sah, dan pernikahanpun dianggap sah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x