Kompas TV regional berita daerah

Harga Cabai Melambung, Petani Malah Merugi

Kompas.tv - 18 Maret 2021, 13:21 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Karangasem, KOMPASTV - Sejumlah petani cabai di banjar dinas mijil desa sangkan gunung kecamatan sidemen kabupaten karangasem tidak secerah biasanya , bagimana tidak kenaikan harga cabai yang menembus 110 ribu rupiah perkilogram di sejumlah pasar seharusnya dibaringi dengan penghasilan yang baik, jusutru tudak dirasakan para petani . Malah tanaman cabai mereka layu bahkan mati , kematian tanaman cabai para petani tidak tanggung-tanggung mencapai tujuh puluh persen , biasanya tanaman cabai yang sudah berusia lima bulan ini tumbuh dengan baik dan buahnya banyak bahkan sekali panen bisa mencapai dua puluh kilogram , namun kini hanya bisa memanen enam kilometer .

 

Kini untuk mengatisipasi kerugian yang cukup banyak, para petani terpaksa memanen cabai lebih awal yang masih hijau meski harganya cukup murah sekitar 23 ribu perkilogram , gagalnya tanaman cabai ini dikarenakan cuaca buruk seperti hujan yang terus menerus turun sehingga menyebabkan buah cabai membusuk serta daun cabai menguning sehingga mati . Petani merugi total bahkan tidak kembali modal , bianya menaman cabai 1 juta lima ratus rupiah sementara hasil panen dapar 300 ribu rupiah .

 

Dengan kondisi seperti itu , para petani hanya bisa berharap ke pada pemerintah untuk membatu mencarkan solusi supaya para petani tidak mengalami kerugian terlalu banyak.

#karangasem #kenaikanhargacabai #petanicabaimerugi 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x