Kompas TV regional berita daerah

BI Longgarkan Batas Maksimal Penukaran UPK 75 Tahun RI

Kompas.tv - 17 Maret 2021, 16:16 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Setelah sebelumnya menerapkan pembatasan penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan  nominal 75 Ribu Rupiah, kini Bank Indonesia melonggarkan batas maksimal penukaran uang pecahan 75 Ribu Rupiah yang diluncurkan tepat saat ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 lalu.

Kabar baik bagi masyarakat umum yang berminat menukar Uang Peringatan Kemerdekaan nominal 75 Ribu Rupiah. Setelah sebelumnya masyarakat hanya bisa menukarkan satu lembar UPK dengan satu Kartu Tanda Penduduk, kini Bank Indonesia melonggarkan batas maksimal penukaran menjadi 100 lembar per satu KTP.

Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat mengatakan, saat ini Bank Indonesia Sulawesi Utara telah membuka layanan penukaran UPK bagi masyarakat dengan maksimal penukaran 100 lembar per satu KTP.

Mekanisme penukaran uang 75 Ribu Rupiah yang merupakan uang edisi khusus 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ini, ialah masyarakat bisa mendatangi langsung kantor perwakilan Bank Indonesia dengan membawa identitas berupa KTP.

Atau masyarakat bisa juga melakukan pendaftaran pemesanan melalui aplikasi Whatsapp sebelumnya / untuk bisa menentukan jadwal penukaran sesuai kebutuhan.

Petugas dari Bank Indonesia akan melayani masyarakat yang hendak melakukan penukaran, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya meminalisir penyebaran virus korona.

Untuk diketahui, Sulut mendapat jatah 750 ribu lembar UPK nominal 75 ribu rupiah, yang bisa ditukar masyarakat. Selang tujuh bulan sejak diluncurkan medio Agustus 2020 lalu, penyerapan penukaran UPK di Sulut mencapai 34 persen. Dimana angka penukaran uang dari masyarakat tergolong yang paling tinggi se-Indonesia.

#kompastvmanado #bankindonesia #upk75

Yannemieke Singal Kompas tv Manado

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x