Kompas TV regional agama

Lomba Tapel Dan Sketsa Ogoh Ogoh Tahun 2021

Kompas.tv - 17 Maret 2021, 11:24 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Lomba membuat tapel atau topeng ogoh-ogoh dan lomba sketsa ogoh-ogoh tahun 2021 ini mengambil tema
eksistensi seni ditengah pandemi. Dimana dijelaskan oleh ketua sekaa teruna , tunas muda banjar dukuh mertajati sidakarya denpasar, I Putu Ade Widyantara, meski ogoh-ogoh dilarang saat pengerupukan atau sehari sebelum nyepi dikarenakan dalam situasi pandemi covid-19,ia tetap memberi ruang kepada seniman atau kreator untuk tetap beraktivitas.

Seperti misalnya tahun 2021 ini
putu ade widyantara pertama kalinya mengadakan lomba pembuatan tapel ogoh-ogoh yang diikuti oleh sekaa teruna dari seluruh bali . Selain lomba membuat tapel ia juga menggelar lomba sketsa ogoh-ogoh .

Untuk kategori lomba tapel, selain mengambil tema dari unsur seni dan budaya bali seperti karakter buta kala, cerita rakyat dan mitos  kepercayaan yang ada di bali,para peserta juga wajib membuat topeng dengan  ukuran 30 hingga 50 senti meter dan wajib menggunakan bahan ramah lingkungan seperti koran , kertas , bambu , dedaunan dan tanah lia.

KABID pengembangan sumber daya pariwisata dan ekonomi kreatif kota denpasar. I Wayan Hendaryana, para peserta yang mengikuti lomba didalam pameran ini sangat antusias . Dari penilaian dimasing masing sekaa teruna akan dipilih 10 hingga 50 karya yang telah dipamerkan di gedung dharma negara alaya.
Untuk tahun ini diikuti oleh tiga seka teruna yakni seka teruna tunas muda banjar dukuh mertajati sidakarya ,seka teruna yowana saka bhuana banjar tain siat ,seka teruna gemeh indah dan satu komunitas dari stikom bali 

#ogohogoh #lombatapel #lombasketsaogohogoh2021



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x