Kompas TV regional berita daerah

Baris Jangkang Pelilit Tarian Khas Pulau Nusa Penida

Kompas.tv - 15 Maret 2021, 19:01 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Selain suara gamelannya yang khas. pakaian yang digunakan juga merupakan warisan budaya lokal nusa penida . yakni kain jenis cepuk dan kain rangrang. Tarian ini sebenarnya adalah tarian sakral yang biasanya dipentaskan saat ada upacara di desa pejukutan asal tarian ini berasal , sejak tujuh abad lalu .

 

Jero mangku sujati, selaku pemimpin tari, mengatakan, saat ini selain dipentaskan saat ada upacara , juga sudah mulai dipentaskan di tempat umum , namun dilengkapi dengan sarana upacara . Bahkan saat sebelum pandemi, tarian ini kerap pentas mengisi berbagai kegiatan atraksi budaya, hingga festival, di desa asalnya pementasan tari ini bagian dari pelaksanaan upacara tolak bala, menghindarkan desa dari wabah penyakit , sehingga tidak pernah lupa untuk dipentaskan.

 

Untuk gerakan , tarian baris dengan gerak sederhana lengkap dengan tombaknya ini , memiliki banyak gerakan tari , utamanya disarikan dari dasar kegiatan masyarakat di nusa penida , dengan pertanian hingga gerakan buyung atau lalat .

 

Tarian dengan penari asli sebanyak sembilan orang  ini juga sudah tercatat sebagai warisan budaya tak benda oleh unesco . Bahkan oleh pemerintah daerah setempat , sempat masuk dalam nominasi anugerah pesona indonesia . Sehingga makin mengangkat citra kepariwisataan di klungkung, khususnya nusa penida di mata dunia.

Bahkan pada saat festival nusa penida , juga sempat dipentaskan dengan menampilkan 1000 penari baris jangkang pelilit pada festival nusa penida tahun 2016 silam . Untuk saat ini pementasan hanya dilakukan di desa pada saat ada upacara tertentu saja.

#taribarisjangkang #tarikhasnusapenida #tradisibali #budayabali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x