Kompas TV regional peristiwa

Penyanderaan Pilot dan Penumpang Susi Air Berakhir Negosiasi, Tidak Ada Tindak Kekerasan

Kompas.tv - 13 Maret 2021, 20:56 WIB
penyanderaan-pilot-dan-penumpang-susi-air-berakhir-negosiasi-tidak-ada-tindak-kekerasan
lustrasi: pesawat Susi Air di Banda Neira. (Sumber: KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAI)
Penulis : Johannes Mangihot

PAPUA, KOMPAS.TV – Aksi Penyanderaan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap Pilot dan Penumpang Susi Air berakhir dengan negosiasi.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III  Kolonel CZI IGN Suriastawa menjelaskan selama penyanderaan pilot warga negara Selandia Baru Captain Ian John Terrence Hellyer dan tiga penumpang warga Papua Ricky Dolame, Arikala Dolame, dan Arike Wandikbo tidak mengalami tindak kekerasan.

Namun pilot bersama tiga penumpang mengalami trauma lantaran  khawatir akan keselamatannya karena sempat ditodong senjata.

Baca Juga: KKB Papua Todong Senjata Laras Panjang, Pilot dan Penumpang Susi Air Disandera

"Meskipun tidak terjadi korban, namun kejadian ini menunjukkan aksi teror KSB di wilayah Papua, termasuk teror terhadap aktivitas penerbangan sipil. Dan kami selalu berkoordinasi erat dengan pihak Kepolisian," ujar Suriastawa melalui keterangan terutlisnya.

Penyanderaan ini terjadi sekitar pukul 06.20 WIT, 30 anggota KKB mendatangi Lapangan Terbang Wangbe dengan membawa dua puncuk senjata api laras panjang.

Saat penyanderaan KKB mengancam pilot agar pesawat maskapai milik PT Asi Pudjiastuti Aviation tidak mengangkut penumpang aparat TNI-Polri.

Selain itu, KKB juga menyampaikan kekecewaannya dengan kepala kampung karena tidak memberikan dana desa. KKB akhirnya melepas pilot dan penumpang setelah negosiasi antara penumpang.

Baca Juga: Sandera Pilot dan Penumpang Susi Air 2 Jam, KKB Ancam Jangan Bawa Penumpang Aparat TNI-Polri

Suriastawa menambahkan setelah melakukan penyanderaan sekitar pukul 08.36 WIT pesawat milik PT Asi Pudjiastuti Aviation (Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY) take off menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika dan mendarat dengan aman.

Lapangan Terbang Wangbe di Kabupaten Puncak berjarak 43 km dari Sinak atau 48 km dari Sugapa, dan belum terdapat jaringan telepon serta internet.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x