Kompas TV regional peristiwa

Bus Peziarah Masuk di Sumedang, 23 Tewas, Warga Sekitar: Kondisi Bus Terbalik 180 Derajat

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 07:05 WIB
bus-peziarah-masuk-di-sumedang-23-tewas-warga-sekitar-kondisi-bus-terbalik-180-derajat
Tiga korban selamat kecelakaan bus rombongan peziarah SMP asal Subang yang masuk jurang di Sumedang mendapat perawatan intensif di Puskesmas Wado, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3/2021). (Sumber: KOMPAS.COM/AAM AMINULLAH)
Penulis : Gading Persada

SUMEDANG, KOMPAS.TV- Kecelakaan maut terjadi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu malam (10/3/2021) setelah sebuah bus berisi rombongan peziarah masuk jurang.

Menewaskan 23 penumpang di dalamnya hingga semalam, kondisi bus yang terjun bebas ke dalam jurang di Tanjakan Cae Desa Sukajadi, Kecamatan Wado itu terbalik 180 derajat. 

Menurut warga sekitar, Dudung (49), bus sudah terlihat oleng 500 meter dari tempat kejadian hingga akhirnya bus terperosok masuk ke dalam jurang.

Baca Juga: Tanjakan Cae, Lokasi Bus Masuk Jurang Rombongan SMP di Sumedang yang Rawan Kecelakaan

"Kondisi bus yang terbalik 180 derajat membuat petugas kesulitan dalam mengevakuasi korban," ungkap Dudung seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (10/3/2021). 

Dudung mengungkapkan karena kondisi bus yang terbalik tersebut membuat tim SAR mengalami kesulitan mengevakuasi korban.

Terlebih sejumlah korban dalam keadaan terjepit di dalam bus. 

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana mengatakan, bus rombongan peziarah tersebut datang dari arah Tasikmalaya menuju Subang via Wado, Sumedang.

Baca Juga: Tanjakan Cae Sumedang Rawan Kecelakaan, Beberapa Kali Menelan Korban

Naas, saat melintas Tanjakan Cae yang berada di Jalan Raya Sumedang-Malangbong, bus pariwisata Seri Padma Kencana Itu berjalan oleng dan langsung masuk ke dalam jurang. 

"Itu bus peziarah dari Cipatujah, Tasikmalaya yang hendak menempuh perjalanan menuju Subang via Wado, Sumedang," sambung Dedi.

Terpisah, Kepala Puskesmas Wado Eka Damayati mengatakan, korban tewas yang telah berhasil dievakuasi sebanyak 23 orang.

"Korban meninggal yang sudah dievakuasi ke sini ada 23 orang, korban selamat sebanyak 18 orang langsung dirujuk ke RSUD Sumedang," ujar Eka kepada sejumlah wartawan di puskemas, Rabu malam. 

Baca Juga: Cerita Mengerikan Bupati Sumedang soal Tanjakan Cae Lokasi Bus Ziarah SMP Masuk Jurang




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x