Kompas TV regional berita daerah

Sangkar Burung Cantik Berbahan Beton Untuk Hiasan Rumah

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 15:00 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Badung, KOMPASTV - Burung merupakan binatang yang disukai dan dipelihara banyak orang, selain sebagai penghias rumah ada juga yang menjadikan nya sebagai hobby. Hal ini menjadi motivasi seorang ibu rumah tangga di kawasan badung untuk berinovasi membuat kerajinan sangkar burung berbahan beton.

Sri Udari ibu rumah tangga asal desa penarungan kecamatan mengwi badung ini, menggeluti usaha pembuatan sangkar burung berbahan beton. Proses pengerjaannya juga tidak terlalu rumit seperti pembuatan sangkar burung berbahan bambu. Pertama  pasir hitam dan semen di campur dan dimasukkan kedalam cetakan, setelah kering, dihaluskan dan di warnai lalu jemur.

Ada lima jenis sangkar burung yang dibuat, mulai dari sangkar berbentuk segi panjang kecil, segi panjang besar, persegi, bulat, dan segi enam. Sri udari menuturkan selama menggeluti usaha ini ia hanya terkendala cuaca, di bantu 4 tenaga kerjanya sri udari mampu menjual hingga 15 sangkar burung dalam seminggu.

Satu buah sangkar burung di bandrol dengan harga  rp 300.000 hingga rp 800.000, tergantung jenis dan ukuran sangkar. Selain sangkar burung dari beton, Sri Udari juga membuat kerajinan lainnya seperti pot bunga, paving hingga meja dari beton.

#badung #kerajinansangkarburung #sangkarburung 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x